Website Resmi Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Mataram
Struktur Sekretariat

Sekretaris Dinas

Sekretaris Dinas adalah pemimpin Sekretariat Dinas yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan dan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkungan Dinas.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan Penetapan Kinerja lingkup Dinas;
  2. pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Program Kerja Dinas;
  3. pelaksanaan kegiatan penyusunan program dan anggaran, keuangan dan perlengkapan dan ketatausahaan Dinas yang meliputi urusan perbendahaaraan, akuntansi, verifikasi, ganti rugi, tindak lanjut LHP, perlengkapan, rumah tangga, kepegawaian, hukum dan organisasi, serta hubungan masyarakat.
  4. pelaksanaan pelayanan teknis administratif kepada seluruh Unit Kerja lingkup Dinas;
  5. perumusan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum;
  6. pengkoordinasian penyusunan Standar Pelayanan Minimal dan Standar Prosedur Tetap Pelaksanaan kegiatan lingkup Dinas;
  7. perumusan dan penjabaran kebijakan teknis penyelenggaraan administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
  8. pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas Dinas;
  9. pengkoordinasian pelaksanaan pengembangan system informasi manajemen Perdagangan sesuai ketentuan yang berlaku;
  10. pelaksanaa koordinasi, konsultasi dan sinkronisasi penyelenggaraan tugas kesekretariatan dengan Perangkat Daerah dan/atau Instansi terkait;
  11. pelaksanaan pengaturan, pembinaan dan pengelolaan administrasi umum, perencanaan, keuangan,kepegawaian dan perlengkapan;
  12. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan; dan
  13. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Kepala Sub Perencanaan & Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok mengendalikan pelaksanaan dan mempersiapkan:

  1. penyusunan perencanaan dan program kerja tahunan Dinas;
  2. bahan kebijakan teknis perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan rutin, urusan pembukuan;
  3. menyusun pertanggungjawaban, urusan perbendaharaan anggaran belanja Dinas; dan
  4. pembinaan administrasi keuangan pembangunan, evaluasi pelaksanaan program/kegiatan di lingkungan Dinas.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Program Kerja lingkup Dinas;
  2. penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis di bidang perencanaan dan pelaporan;
  3. penyiapan bahan penyusunan rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) serta Penetapan Kinerja lingkup Dinas;
  4. pengumpulan, pengolahan dan analisa data dalam rangka penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) lingkup Dinas;
  5. penyiapan bahan Koordinasi penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai peraturan perundangundangan yang berlaku;
  6. penyiapan bahan koordinasi penyusunan Standar Prosedur Tetap pelaksanaan kegiatan lingkup Dinas;
  7. penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi bidang perencanaan lingkup Dinas;
  8. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi perencanaan lingkup Dinas sesuai ketentuan yang berlaku;
  9. pelaksanaan penerapan dan pengembangan sistem informasi manajemen Perdagangan sesuai ketentuan yang berlaku;
  10. melaksanakan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan dan program kerja tahunan Dinas;
  11. menyiapkan bahan kebijakan teknis perencanaan,
  12. melaksanakan penyusunan anggaran program kerja;
  13. pengelolaan administrasi keuangan rutin, urusan pembukuan;
  14. menyusun pertanggungjawaban, urusan perbendaharaan anggaran belanja Dinas;
  15. pembinaan administrasi keuangan pembangunan di lingkungan Dinas; dan
  16. evaluasi pelaksanaan program/kegiatan di lingkungan Dinas
Kasubag Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas pokok mengendalikan pelaksanaan pengeloalaan ketatausahaan, rumah tangga dan pembinaan serta pengurusan administrasi umum kepegawaian di lingkungan Dinas.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Sub Bagian;
  2. penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan administrasi kepegawaian, rumah tangga, protokol dan perlengkapan;
  3. penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi penyelenggaraan administrasi kepegawaian, rumah tangga, protokol dan perlengkapan;
  4. pengumpulan, pengolahan dan analisa data kepegawaian dan kebutuhan perlengkapan;
  5. pelaksanaan pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pendistribusian perlengkapan inventaris kantor sesuai peraturan perundang-undangan;
  6. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi
  7. kepegawaian lingkup Dinas sesuai peraturan perundang-undangan;
  8. penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan pegawai negeri sipil lingkup Dinas; pengkoordinasian pelaksanaan tugas Bendaharawan Barang;
  9. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Sub Bagian; dan

pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Search