Website Resmi Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Mataram
Pasar Seni dan Kerajinan

Gambaran tentang Pasar dan Pengerajin Seni di Kota Mataram

pasarseni

Pada mulanya pengertian pasar hanya memiliki pengertian yang sempit, dalam artian pasar adalah tempat untuk berjualan barang kebutuhan hidup sehari-hari saja namun akibat pergeseran waktu serta berkembangnya teknologi, istilah pasar dewasa ini menjadi lebih luas contohnya seperti pasar swalayan, pasar seni, pasar eksport, dan lain sebagainya. Munculnya pasar seni sebenarnya berawal dari konsep “art center” yang lebih dulu dikenal oleh negara-negara eropa yang telah memiliki peradaban kebudayaan, serta kesenian yang tinggi. pasar seni sendiri di Indonesia untuk pertama kali ada adalah di daerah Bali, khususnya daerah Ubud dan Sukawati, karena pada masa itu dipandang perlu oleh para seniman di Bali, adanya suatu tempat untuk menampung produk seni mereka untuk dijual kepada para turis, karena memang pada saat itu Bali dikenal seluruh dunia karena pariwisatanya. Seiring perkembangan waktu daerah-daerah di Indonesia yang kaya tradisi dan budaya yang memiliki nilai jual sebagai objek wisata mulai berkembang dengan konsep pasar seni tersebut.

Pasar seni yang sifatnya tradisional, baik dari konsep pasarnya maupun barang yang di jual, muncul di daerah Jawa tengah khususnya Yogyakarta dan Surakarta yang terkenal dengan kebudayaan keraton. Pasar seni dengan konsep yang lebih modern mulai berkembang di Jakarta yaitu pasar seni Ancol, dimana konsep tentang pasar dan produk yang dijual juga turut di perluas. Pasar seni merupakan sarana kegiatan pelayanan dalam usaha pemasaran hasil karyaseni, melalui promosi, peragaan, penjualan, pameran dan pertunjukan.

Fungsi pasar seni:

  • Fungsi umum     : Tempat promosi, peragaan, penjualan, pameran, pementasan dan pengembangan karya seni.
  • Fungsi khusus    : Sarana informasi dan komunikasi antara seniman/pengrajin dengan pengunjung/pembeli.

Tujuan pasar seni: Untuk kepentingan pengunjung,

  • Tempat transaksi pembelian hasil karya seni
  • tempat informasi karya seni dan perkembangannya
  • Sarana untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap hasil karya seni
  • Tempat reksreasi dan wisata, dan
  • tempat belajar dan komunikasi dengan seniman

Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu destinasi pariwisata bagi wisatawan lokal maupun asing memiliki pasar seni yang berada di daerah Sayang-sayang. Pasar Seni Sayang-Sayang yang berlokasi di kelurahan Rembiga Kecamatan Selaparang Kota Mataram ini merupakan salah satu pasar seni di Lombok yang menjual berbagai kerajinan tangan baik dari kayu, batok kelapa, bambo, keramik, bahkan berbagai bentuk kainpun tersedia.

Smutiara

Mutiara

Di Pasar Seni Sayang-Sayang tersedia juga mutiara laut maupun mutiara air tawar dengan berbagai kreasi seperti anting, cincin, gelang, tasbih, bros dan lain-lain.

Spatung

Patung Kayu

Patung kayu dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran tersedia juga di Pasar Seni Sayang-sayang ini. Bagi para kolektor patung di sini merupakan tempat yang cocok untuk menambah koleksi-koleksi patungnya dengan nilai seni yang tinggi.

Srotan

Anyaman Rotan

Anyaman rotan adalah salah satu kerajinan yang dijual di pasar seni sayang-sayang, Dengan bahan utam rotan yang membuat kerajinan ini terlihat antik. Berbagai produk yang dihasilkan yaitu tas, keranjang sampah, tudung saji hingga tempat tissue.

Scukli

Kerajinan Cukli

Cukli merupakan salah satu primadona kerajinan khas Lombok yang ditawarkan di Pasar Seni Sayang-Sayang. Cukli adalah potongan kulit kerang yang dijadikan sebagai hiasan atau ditempel pada obyek tertentu menjadi sebuah hiasan yang sangat indah. Beberapa hasil kerajinan bisa berupa meja, kursi, kotak perhiasan hingga lemari.

KERAJINAN MUTIARA

Pulau lombok merupakan salah satu pemasok mutiara terbesar di dunia. Bahkan menyaingi negara penghasil mutiara terbesar di dunia lainnya seperti jepang, australia dan cina. Jenis mutiara yang dihasilkan di pulau lombok adalah jenis south pearl atau jenis mutiara dengan kelas terbaik.

Khusus di kota mataram, tempat penjualan mutiara ini tersebar merata mulai dari tengah hingga pinggiran kota. Namun yang paling menarik disini adalah terdapat sebuah kampung di bagian selatan kota mataram yang secara turun temurun berprofesi sebagai pengrajin dan menghasil perhiasan mutiara. Kampung tersebut bernama sekarbela.

Kampung sekarbela terletak 4 kilometer, tidak jauh dari pusat kota mataram. Dengan menaiki angkutan umum selama 15 menit, maka anda akan sampai ke kampung mutiara ini. Jenis dan kelas mutiara yang terdapat dikampung ini sangat beragam. Mulai dari mutiara air tawar hingga mutiara yang berasal dari air laut. Harganya pun bervariasi tergantung jenis, ukuran dan kelasnya. Umumnya, para perajin mutiara dikampung sekarbela ini telah memodifikasi beberapa mutiaranya menjadi perhiasan yang indah nan cantik. Biasanya mutiara-mutiara tersebut disandingkan dengan emas permata, intan dan lainnya.

Hasil sandingan tersebut menjadi perhiasan dengan beragam bentuk. Mulai dari cicin, kalung, gelang, anting-anting dan bentuk perhiasan lainnya. Dengan jenis, benuk dan harga yang bermacam-macam, maka anda akan dengan senantiasa bebas menentukan pilihan untuk menjadikan perhiasan atau mutiara ini sebagai oleh-oleh kunjungan.

Bagi wisatawan lokal maupun yang berasal dari mancanegara yang sering melakukan kunjungan ke kota mataram, nama kampung mutiara sekarbela sudah tidak asing lagi. Dimana keberadaan kampung ini, yang sudah sangat lama menggeluti dunia bisnis kerajinan mutiara. Menyusuri jalan kampung ini akan disuguhkan dengan banyaknya toko yang menyediakan serta menjual kerajinan mutiara. Hal ini terlihat hingga ke dalam-dalam kampung yang melalui jalan-jalan kecil yang terdapat di sepanjang jalan utama kampung ini.

Harga kerajinan mutiara yang ditawarkan pun sangat tergantung pada kualitas dan bentuknya. Mutiara yang berasal dari air tawar jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mutiara yang berasal daari air laut. Mutiara air laut memiliki harga yang berbeda dan lebih mahal karena terkenal dengan perawatannya yang super teliti serta kualitasnya yang tidak lagi diragukan di seluruh dunia.

Di kampung ini dapat disaksikan langsung aktifitas para pengrajin mutiara dalam mengolah dan menyulap butiran-butiran mutiara menjadi perhiasan yang cantik menawan. Pengrajin mutiara di kampung sekarbela lahir secara turun temurun. Biasanya mereka mewarisi keahlian merangkai mutiara dari orang tuanya. Sehingga tidak heran jika kampung sekarbela sejak dulu sampai sekarang dikenal sebagai kampung mutiara.

Berikut daftar nama pengusaha mutiara di Kota Mataram:

Daftar Nama Toko & Pengerajin Mutiara

KERAJINAN CUKLI

Cukli merupakan kerajinan yang berbahan dasar dari kerang putih yang dipotong menjadi beberapa potongan kecil berbentuk wajik. Kemudian potongan tersebut nantinya akan dijadikan hiasan yang ditempel pada permukaan berbagai macam kerajinan. Proses pembuatan kerajinan ini diawali dari menatah atau memahat motif, memasang cukli, menghaluskan, mendempul, memplitur dan yang terakhir yaitu pengecatan. Benda-benda yang ditempeli potongan-potongan kerang tersebut juga beragam jenisnya. Mulai dari kursi, kotak, meja, lemari, tempat buah-buahan, patung, topeng kayu dan dinding sketsel penyekat ruangan.

Kerajinan cukli memberikan citra tradisional sehingga banyak diburu oleh wisatawan yang datang berkunjung ke mataram. Bahan dasar cukli sebagian besar dari kayu, dengan warna coklat kehitaman membuat kerajinan ini menjadi lebih antik dan terkesan klasik. Tak jarang para wisatawan yang datang terkagum, bahkan ada yang ingin mengetahui lebih jauh tentang seluk beluk pembuatan kerajinan ini. Harga yang ditawarkannya pun sangat beragam tergantung dari bentuk, jenis dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Kerajinan cukli banyak ditemui di kampung rungkang jangkuk, dimana di setiap ruas lingkungan kampung ini banyak kita lihat pengrajin-pengrajin cukli. Bukan hanya wisatawan mancanegara yang mengunjungi kampung ini, tetapi para pejabat negara juga kerap datang mengunjungi. Awalnya, rungkang jangkuk dikenal sebagi penghasil kerajinan kota antik yang terbuat dari kayu, pelepah pisang dan aren serta pandan. Seiring berkembangnya waktu, hasil kerajinan tersebut banyak mengalami perubahan termasuk kerajinan cukli. Lambat laun seluruh pengrajin berpindah menggeluti kerajinan cukli. Sejak saat itu, kerajinan cukli mulai terkenal hingga ke luar negeri.

Bahkan beberapa negara seperti Amerika, Belanda, Inggris, Australia serta Jepang, memesan produksi kerajinan ini. Saat ini, kerjinan cukli di kampung rungkang jagkuk memiliki kesan yang luar biasa bagi wisatawan, bahkan para pecinta karya seni pun banyak yang datang berkunjung ke mataram untuk melihat lebih dekat dari proses pembuatan kerajinan cukli ini.

Berikut data pemilik gerai di Pasar Seni Sayang-sayang.

Search