Website Resmi Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Mataram
Struktur Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting

Kepala Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting

Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi dibidang pengendalian barang pokok dan penting berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting mempunyai fungsi :

  1. perumusan dan penetapan program kerja dan penetapan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  2. pelaksanaan penyusunan perencanaan Stabilisasi harga barang kebutuhan pokok dan barang penting;
  3. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pemantauan harga, pengawasan distribusi barang kebutuhan pokok dan pengawasan distribusi barang penting;
  4. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pemantauan harga, pengawasan distribusi barang kebutuhan pokok dan pengawasan distribusi barang penting;
  5. penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pemantauan harga, pengawasan distribusi barang kebutuhan pokok dan pengawasan distribusi barang penting;
  6. penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pemantauan harga, pengawasan distribusi barang kebutuhan pokok dan pengawasan distribusi barang penting;
  7. pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Program Kerja Seksi dibawahnya;
  8. pelaksanaan koordinasi, informasi dan sinkronisasi dengan perangkat daerah dan Instansi terkait dalam rangka keterpaduan dan sinkronisasi pelaksanaan program sesuai dengan bidang tugasnya;
  9. pengkoordinasian, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan;
  10. pengkoordinasian pengumpulan, pengolahan dan analisa data sesuai dengan bidang tugasnya sebagai bahan penyusunan rencana, dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan;
  11. pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap permasalahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  12. pelaksanaan pembinaan dan bimbingan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan peraturan perundangundangan;
  13. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang; dan pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Kepala Seksi Pengendalian Barang Pokok

Seksi Pengendalian Barang Pokok dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting.

Seksi sebagaimana dimaksud mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam mengendalikan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan, pengaturan, pengawasan dan pengkoordinasian pelaksanaan seluruh kegiatan pengendalian barang pokok.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud), Seksi Pengendalian Barang Pokok mempunyai fungsi:

  1. penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan program kerja sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. penyiapan bahan perencanaan kegiatan pengendalian barang pokok;
  3. pelaksanaan Pemantauan harga, informasi ketersediaan stok barang kebutuhan pokok;
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. penyiapan bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas dengan Perangkat Daerah dan instansi terkait dalam rangka keterpaduan dan sinkronisasi pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya;
  6. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan analisa data sesuai dengan lingkup tugasnya sebagai bahan penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program/kegiatan;
  7. penyiapan bahan perumusan dan penetapan pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap permasalahan sesuai dengan lingkup tugasnya kepada atasan;
  12. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi; dan
  13. pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Kepala Seksi Pengendalian Barang Penting

Seksi Pengendalian Barang Penting dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting.

Seksi sebagaimana dimaksud mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam mengendalikan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan, pengaturan, pengawasan dan pengkoordinasian pelaksanaan seluruh kegiatan pengendalian barang penting.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Pengendalian Barang Penting mempunyai fungsi:

  1. penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan program kerja sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. penyiapan bahan perencanaan pengawasan distribusi barang penting;
  3. melaksanakan pemantauan dan mengawasi pendistribusian barang penting;
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. penyiapan bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas dengan Perangkat Daerah dan instansi terkait dalam rangka keterpaduan dan sinkronisasi pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya;
  6. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan analisa data sesuai dengan lingkup tugasnya sebagai bahan penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program/kegiatan;
  7. penyiapan bahan perumusan dan penetapan pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap permasalahan sesuai dengan lingkup tugasnya kepada atasan;
  12. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi; dan pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Search