Website Resmi Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Mataram
Struktur Sekretariat

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan

Bidang Pengembangan Perdagangan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang pengembangan perdagangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Bidang Pengembangan Perdagangan mempunyai fungsi:

  1. perumusan dan penetapan program kerja dan penetapan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  2. penyusunan perencanaan pengembangan perdagangan;
  3. melaksanakan pengembangan komoditi ekspor, pengawasan perizinan dan pemberian rekomendasi perizinan;
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengawasan perizinan perdagangan, pengembangan produk ekspor dan pelayanan perdagangan;
  5. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan perizinan perdagangan, pengembangan produk ekspor dan pelayanan perdagangan;
  6. penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pengawasan perizinan perdagangan, pengembangan produk ekspor dan pelayanan perdagangan;
  7. penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengawasan perizinan perdagangan, pengembangan produk ekspor dan pelayanan perdagangan;
  8. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengawasan perizinan perdagangan, pengembangan produk ekspor dan pelayanan perdagangan;
  9. pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Program Kerja Seksi dibawahnya;
  10. pelaksanaan koordinasi, informasi dan sinkronisasi dengan perangkat daerah dan Instansi terkait dalam rangka keterpaduan dan sinkronisasi pelaksanaan program sesuai dengan bidang tugasnya;
  11. pengkoordinasian, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan;
  12. pengkoordinasian pengumpulan, pengolahan dan analisa data sesuai dengan bidang tugasnya sebagai bahan penyusunan rencana, dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan;
  13. pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap permasalahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  14. pelaksanaan pembinaan dan bimbingan sesuai dengan bidang tugasnya berdasarkan peraturan perundangundangan;
  15. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang; dan
  16. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Kepala Sub Perencanaan & Keuangan

Seksi Perizinan dan Pengawasan Perusahaan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang.

Seksi sebagaimana dimaksud mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam mengendalikan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan, pengaturan, pengawasan dan pengkoordinasian pelaksanaan seluruh kegiatan perizinan pengawasan perusahaan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud Seksi Perizinan dan Pengawasan Perusahaan mempunyai fungsi:

  1. penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan program kerja sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. penyiapan bahan perencanaan kegiatan perizinan pengawasan perusahaan;
  3. pelaksanaan pemberian rekomendasi perizinan ekspor impor dan usaha perdagangan meliputi : pengecer terdaftar bahan berbahaya, dan pengawasan distribusi, pengemasan dan pelabelan bahan berbahaya serta peredaran minuman beralkohol golongan B dan C;
  4. pelaksanaan pelayanan perizinan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. pengawasan perizinan untuk eksportir dan pelaku usaha toko bebas bea dan distributor minuman beralkohol golongan B dan C;
  6. penyiapan bahan perumusan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan perundangundangan;
  7. penyiapan bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas dengan Perangkat Daerah dan instansi terkait dalam rangka keterpaduan dan sinkronisasi pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya;
  8. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan analisa data sesuai dengan lingkup tugasnya sebagai bahan penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program/kegiatan;
  9. penyiapan bahan perumusan dan penetapan pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  12. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  13. pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap permasalahan sesuai dengan lingkup tugasnya kepada atasan;
  14. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi; dan
  15. pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Kepala Seksi Promosi dan Pengembangan Produk Export

Seksi Promosi dan Pengembangan Produk Ekspor dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Penguatan dan Pengembangan Perdagangan.

Seksi sebagaimana dimaksud, mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang dalam mengendalikan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan, pengaturan, pengawasan dan pengkoordinasian pelaksanaan seluruh kegiatan promosi dan pengembangan produk ekspor.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Promosi dan Pengembangan Produk Ekspor mempunyai fungsi:

  1. penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan program kerja sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. penyiapan bahan perencanaan promosi dan pengembangan komoditi ekspor;
  3. pelaksanaan pengembangan komoditi ekspor;
  4. pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan kegiatan promosi perdagangan dalam rangka pengenalan dan peningkatan akses pasar dan pengembangan produk unggulan daerah berpotensi ekspor;
  5. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  6. penyiapan bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas dengan Perangkat Daerah dan instansi terkait dalam rangka keterpaduan dan sinkronisasi pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan analisa data sesuai dengan lingkup tugasnya sebagai bahan penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program/kegiatan;
  8. penyiapan bahan perumusan dan penetapan pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. penyiapan bahan pembinaan dan bimbingan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi sesuai dengan lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undang;
  12. pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap permasalahan sesuai dengan lingkup tugasnya kepada atasan;
  13. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi; dan
  14. pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Search